Cara Penyambungan dan Pembongkaran Perancah (Adjustable Scaffolding)

Proses Pengerjaan Konstruksi memiliki tahapan-tahapan atau urutan pekerjaan, oleh sebab itu penggunaan scaffolding atau perancah sebagai sarana penunjang pekerjaan penggunaannya akan mengikutu urutan kegiatan pada pekerjaan konstruksi tersebut.

Seorang pekerja kontruksi harus mampu memasang dan membongkar scaffolding dengan benar, agar proses pekerjaan tidak terganggu oleh kendala pemasangan dan pembongkaran scaffolding.

Pada uraian berikut ini disajikan langkah-langkah pemasangan dan pembongkaran perancah (scaffolding) sebagai sumber informasi bagi para pekerja konstruksi pada saat bertugas di lokasi pekerjaan.

1. Cara Penyambungan Perancah (Scaffolding)
Pada dasarnya instalasi perancah sangat sederhana sekali dan mudah akan tetapi yang menjadi permasalahan adalah ketika ketinggian bekisting yang di pasang tidak sesuai dan spesifikasi (ketinggian) scaffolding yang dimiliki. Oleh sebab itu data teknis atau gambar pekerjaan sangat diperlukan agar pada saat pemasangan perancah tidak menemukan hambatan. 

Secara sederhana berikut adalah urutan singkat bagaimana tata cara penyetingan dan penyambungan instalasi perancah sebagai berikut:
  • Tentukan letak dari scaffolding atau atur jarak scaffolding misalnya as balok pada pekerjaan bekisting balok. 
  • Pasang base plat atau jack base pada landasan yang stabil. 
  • Pasang  kerangka (frame). 
  • Berikutnya pasang cross brace pada dua sisi supaya elemen perancah bisa berdiri dengan baik. 
  • Jika selesai atau pemasangan perancah dianggap cukup maka pasang shoring head jika ketinggian perancah dianggap cukup, artinya ketinggian dapat dilakukan dengan mengatur jack dan u-head. namun jika belum cukup maka pasang frame vertikal berikutnya. 
  • Langkah akhir aturlah ketinggian perancah pada bakesting yang diinginkan.
Jasa sewa scaffolding Bogor, Cara Pasang Scaffolding


2. Cara Pembongkaran Perancah (Scaffolding)

Pembongkaran scaffolding harus memperhitungkan kekuatan atau umur beton serta memperhatikan kebutuhan pekerjaan berikutnya. Oleh sebab itu perlu dilakukan pemantapun terhadap perawat agar pada saat pembongkaran tidak terjadi masalah. Apabila ketentuan beton sudah cukup maka persiapan, maka siap persiapan pembongkaran.
  • Disamping kekuatan beton juga perlu diperhatikan arah dan bagian mana yang lebih dahulu dibongkar. Langkah pembongkaran perancah (scaffolding) : 
  • Didahului dengan penurunan u-head pada bagian tengah bentangan atau daerah momen terbesar ke arah tepi, untuk menghindari penurunan mendadak. 
  • Dilanjutkan dengan pembongkaran frame scaffolding. 
  • Jika dibutuhkan sebagai perancah pada saat pembongkaran bekisting cetak maka frame lapis pertama tidak dibongkar. 
  • Selanjutnya melepas join pin dan cross brace.
Cara Bongkar Scaffolding, Jasa Sewa Scaffolding Bogor

Urutan pemasangan dan pembongkaran perancah (Scaffolding) harus dilakukan dengan benar agar pekerjaan dapat berjalan dengan tepat sasaran, tepat waktu dan yang utama adalah keselamatan pekerja dapat terlindungi.

Baca Juga
Bagian-Bagian Perancah (Scaffolding) dan Fungsinya

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bagian-Bagian Perancah (Scaffolding) dan Fungsinya

Cara Mudah Menghitung Kebutuhan Scaffolding Mudah dan Akurat.